Meningkatnya Modernisasi Budaya dilingkungan masyarakat Indonesia khusus nya masyarakat Nagari Gunung Medan sendiri, berdampak negatif pada kesenian adat nagari itu sendiri. Melalui Kegiatan Dana Desa Bidang Pemberdayaan Nagari Gunung Medan bertekat untuk membudayakan dalam diri masyarakatnya Melalui Bentuk Kegiatan Pelatihan Kesenian Talempong.

Kegiatan yang merupakan Kegiatan lanjutan Pelatihan Kesenian Talempong Nagari Gunung Medan yang sebelumnya kegiatan tersebut telah dilaksanakan pada tahun 2016 kini kembali dilaksanakan untuk tahun 2017 ini tepatnya pada hari Minggu tanggal 01 Oktober sampai dengan hari Kamis tanggal 06 Oktober 2017. Pelatihan yang dilaksanakan di Gedung TK Kasih Ibu Jorong Koto Nagari Gunung Medan, dengan Narasumber Dari Dinas Budaya Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Dharmasraya, Serta Narasumber dari Sanggar Seni Aka Sakato Padang Panjang dan Sanggar Seni Siganjua Lalai Blok B Koto Agung.

Sasaran utama pelakasanaan kegiatan ini adalah pemuda pemudi yang berasal dari suku-suku yang tersebar di Nagari Gunung Medan yang terdiri dari Suku Melayu Dt. Bosao, Tigo Nini Dt. Sinaro, Tigo Nini Dt. Lipati, Piliang Dt. Pdk Majoindo, Patopang Dt. Mandaro, Patopang Dt. Pdk Simarajo, dan Suku Jawa dengan jumlah peserta sebanyak 15 orang peserta.

Dengan dilaksanakannya Kegiatan Pelatihan Kesenian Talempong Nagari Gunung Medan ini maka nantinya kami dari pihak Nagari akan membentuk sanggar seni, yang mana nantinya sanggar seni tersebut akan kami beri nama ” Sanggar Seni Datuak Nan Sambilan” Begitulah tutur Bapak Wali Nagari Gunung Medan pada saat penutupan Kegiatan Pelatihan Kesenian Talempong pada hari Kamis tanggal 06 Oktober 2017.

 

 

Bagikan Berita