nagari gunung medan merupakan sebuah nagari yang terletak di pinggir jl.lintas sumatera. akhir akhir ini nagari gunung medan baru melaksanakan kegiatan dana desa bidang pemberdayaan masyarakat. salah satunya yaitu pelatihan peningkatan kualitas perencanaan nagari. kegiatan ini dilaksanakan dalam bentuk dua kegiatan. yang pertama dalam bentuk pelatihan yang dilaksanakan di hotel umega nagari gunung medan.kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari pada yanggal 7 dan 8 Oktober 2017. kemudian dilanjutkan dengan kegiatan sharing informasi pada tanggal 10 dan 11 oktober 2017. pelaksanaan sharing informasi ini dilaksanakan dengan mengunjungi nagari terbaik di sumatera barat. yaitu nagari sungai nyalo kec.batang kapeh, kabupaten pesisir selatan.

peserta pelatihan diambil berdasarkan surat kerputusan wali yang telah ditetapkan oleh pemerintah nagari. pada pelatihan yang pertama pesertanya terdiri dari beberapa unsur, yaitu perangkat nagari, bamus, LPM, dan kerapatan adat nagari. kemudian kegiatan yang kedua yaitu kegiatan sharing informasi diikuti oleh peserta yang terdiri dari perangkat nagari, lpm dan bamus yang berjumlah 15 orang.

kegiatan yang kedua ini berupa kunjungan ke nagari terbaik di sumatera barat. para peserta berangkat dari gunung medan pada pukul 22.00 wib dan sampai di padang pada pukul 05.00 pagi. setelah sampai di padang para peserta menginap terlebih dahulu di wisma bakti yang terletak di jl.antah barantah. kemudian para peserta istirahat sejenak dan kembali melanjutkan perjalanan pada pukul 11.00 wib. setelah menempuh kira-kira 6 jam perjalanan, akhirnya para peserta pelatihan sampai di nagari sungai nyalo, kec. batang kapeh kabupaten pesisir selatan.setibanya disana pemerintah nagari sungai nyalo menyambut dengan ramah para perangkat nagari gunung medan yang tiba disana. mereka bercengkrama dan saling berbagi informasi.

disana pemerintah nagari sungai nyalo menjelaskan bagaimana transparasi keuangan oleh pemerintah nagari kepada msayarakat. segala bentuk keuangan mereka pajang dalam bentuk baliho di depan kantor wali nagari. sehingga tidak ada kecurigaan mengenai sistem keuangan kepada pemerintah nagari. kemudian wali nagari sungai nyalo menjelaskan tentang kerapatan adat nagari disana. istimewanya disana, mereka memiliki sebuah organisasi di bawah Kerapatan Adat Nagari (KAN) yaitu Kerapatan Adat Sakato (KAS). dimana KAS merupakan lemabaga yang berada di bawah naungan KAN. hal inilah yang membuat nagari sungai nyalo unggul dari nagari nagari lain. dimana nagari sungai nyalo satu-satunya nagari yang memiliki Sistem Kerapatan Adat Sakato.

 

 

 

Bagikan Berita